Berita Utama

BIMBINGAN TEKNIS SISKEUDES BAGI PERANGKAT DESA SE-KECAMATAN PURWOJATI

Dilihat : 885 Kali, Updated: Kamis, 16 November 2017
BIMBINGAN TEKNIS SISKEUDES BAGI PERANGKAT DESA SE-KECAMATAN PURWOJATI

Hampir setiap perkantoran maupun instansi pemerintah telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai dari sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain-lain.

Pengembangan Aplikasi Sistem  Desa telah dipersiapkan sejak awal dalam rangka mengantisipasi penerapan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Persiapan ini selaras dengan adanya perhatian yang lebih dari Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat RI maupun Komisi Pemberantasan Korupsi. Launching aplikasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2015 merupakan jawaban atas pertanyaan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI tanggal 30 Maret 2015, yang menanyakan kepastian waktu penyelesaian aplikasi yang dibangun oleh BPKP, serta memenuhi rekomendasi KPK-RI untuk menyusun sistem keuangan desa bersama dengan Kementerian Dalam Negeri.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa dibuat sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES.

Desa Kaliwangi sendiri mengirim 4 orang perwakilan diantaranya yaitu Sekretaris Desa (Solihin), Kasi Pemerintahan (Wahyu Santoso), Kaur Keuangan (Laeli Rokhmah, S.E.), dan Kaur Perencanaan (Parno). Pelatihan SISKEUDES bertempat di Rumah Makan Karang Anyar pada tanggal 14-16 November 2017.

 

 

Komentar