Berita Utama

Studi Banding ke Malang

Dilihat : 2448 Kali, Updated: Selasa, 28 November 2017
Studi Banding ke Malang

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang di lakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan di terapkan kedepanya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan ini di laksanakan selama 2 hari di kota batu jawa timur. 

Kota batu adalah kota administratif dengan 9 desa. Terletak di antara dua gunung arjuno dan arjuna. Letaknya yang di dataran tinggi membiat kota batu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar daerah. Dengan di bangunya 3 park tempat wisata menambah daya tarik wisatawan.

Kegiatan ini di laksankan di desa bumi aji kecamatan batu. Desa bumiaji sendiri pada tahun 2015-2016 menolak APBDes. Dengan alasan Pendapatan Asli Daerah atau PAD deaa bumiaji dan 8 desa lain nya sudah merasa cukup. 

Namun pada tahun 2017 kota batu membuat kebijakan yang pada akhirnya mau menerima APNDes. Karena akan di gunakan untuk pembangunan dan penanaman modal untuk bundes.

BUMDes desa bumiaji sendiri tergolong sukses. Sehingga bisa membantu menmabah anggatan dana desa. Ada 5 produk diantaranya..

  1. Hipam (Omset mencapai 20 juta)
  2. BKD Mengolah lahan kering 30 hektar lahan kering dan 25 hektar lahan basah.
  3. Wisata petik apel. Sebenarnya wisata ini sudah ada sejak 2004 namun pada tahun 2016 diambil alih oleh bumdes.
  4. Koperasi.
  5. Simpan pinjam untuk home industri. Dulu hanya ada usaha pengoalahan berbasis apel saja. Namun sekarang sudah berkembang seperti nanas. Nangka. Salak. Buah buahan ini bisa di jadikan keripik.

Beberapa pertanyaan di ajukan kepada pengurus bumdes dan perangkat desa bumiaji. 

Salah satunya pertanyaaan dari ketua BPD desa purwojati kecamatan purwojati "berapa gaji pengurus bumdes, maaf karena manusia tidak bisa di pungkiri butuh uang. Yang kalo lagi kerja terus gaji kurang aja pindah cari kerja lain dengan harapan ada lebih baik gaji" pertanyaaan bpk Saeful, S.Pd. 

"Ketika tahap merintis, tidak bisa mengharap gaji. Jika saya ingin menggaji pun tidak di perbolehkan. Pengurus bumdes harus punya pemikiran untuk memajukan desa. Namun sekarang pengurus bumdes berhak mendapakan haknya." Jawaban dari kepala desa Bumi Aji.

"Direektur bumdes kita jiwa sosialnya sangat tinggi. Terus bumdes bisa berjalan ketika sebuah usaha atau lahan legiatan ada. Untuk masalah management ini masih dalam penggodokan. Kami masih mebgkaji untum membuat aturan aturan dan tata tertib administrasi di dalam BUMDes." Tambahan dari Kasi Pemerintahan Desa Bumi aji.

Komentar